Senin, 06 Juni 2016

SHARE : Pendaftaran Sekolah Dasar Negeri

Jakarta, 5 Juni 2016.

Wih gak berasa udah masuk bulan Juni aja. Ini Bulan sakral bagi orang tua yang punya anak yang umurnya sudah masuk dalam kategori Wajib Belajar (SD) atau yang lulus dari SD masuk ke jenjang SMP juga untuk yang masuk SMU/SMK dan Universitas. Artikel ini akan bersambung untuk masing-masing jenjang :)

Jenjang menuju SD ini adalah jenjang pertama dari keriuhan masa-masa pendaftaran sekolah dan titik awal dari orang tua untuk merancang jalur pendidikan bagi anak-anaknya. Saya hanya fokus di sekolah negeri karena  untuk masuk ke sekolah negeri harus melalui beberapa persyaratan dan banyak dari orang tua kurang mengerti akan hal itu. Apalagi sistem penerimaan murid baru sekarang menggunakan sistem online yang membuat banyak orang tua kebingungan dikarenakan ketidakmengertian mereka terhadap sistem ini.

Karena saya tinggal di jakarta maka saya akan menggunakan penerimaan murid baru di Jakarta untuk menerangkan proses yang harus dilalui. Bagaimana dengan daerah lain? Secara proses seharusnya sama dengan di Jakarta tinggal disesuaikan saja. 

Tata cara pendaftaran dan pelaksanaan seleksi SD Negeri di Jakarta

Untuk syarat pendaftaran bisa dilihat di bawah ini :

Jangan lupa fotokopi semua berkas untuk diserahkan, tambahkan beberapa dokumen yg tidak tercantum diatas, yaitu :
1. Fotokopi Surat Keterangan Imunisasi dari Puskesmas atau Balai Kesehatan atau Rumah Sakit (wajib)
2. Fotokopi KTP Orang Tua/Wali (jika diperlukan)
3. Map warna (Biru/Merah/Kuning/dll) sesuai keterangan pihak sekolah

Biasanya Pihak sekolah akan memasang pengumuman seperti ini :


Pemasangan bervariasi (tidak sama) antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Jangan lupa/malas lihat papan pengumuman di sekolah tersebut, biasanya tercantum keterangan lebih detail mengenai tatacara dan PIC (Petugas) yang menerimanya.

Untuk Pelaksanaannya adalah :



Detail dari tata cara pendaftarannya :




Ini semua bisa dilihat/diakses di situs online pendaftaran

Bahkan di tahun 2016 ini, dibuka juga tahap 4 untuk Umum, yaitu :



Jadi jangan takut anak anda tidak bisa masuk SD negeri karena anda tinggal mengikuti prosedur seperti diatas. Juga jangan kaget kalau nama anak anda tergeser karena sistem seleksinya adalah :

Maka jika anak anda hanya berumur 6 tahun maka peluang untuk tergeser besar sekali. Lalu bagaimana dong nasib anak yang umurnya masih muda tetapi ingin sekolah di SD Negeri. Sekedar tips dari saya ada di bawah ini.

Tips n Trick
Tips ini tidak hanya dikhususkan untuk anak yg kurang umur tetapi juga jika ingin bersekolah di SD tertentu, yaitu :
1. Jika mau aman pastikan anak anda berumur 7 tahun ataupun SD yg dituju adalah termasuk dalam wilayah Kelurahan anda.
2. Ingat kuota tahap pertama Umum maksimal hanya 40% dari daya tampung sekolah dengan pembagian 35% untuk siswa domisili (KK) Jakarta dan 5% untuk siswa domisili (KK) luar Jakarta.
3. Kuota tahap kedua maksimal 60% dari daya tampung sekolah khusus untuk siswa domisili (KK) di kelurahan/kecamatan tempat SD tersebut.
4. Selalu pantau via web atau apps hasil seleksi sekolah, jangan lupa liat bangku kosong yang tersedia pada sekolah tersebut.
5. Jika ternyata pada tahap 2 (lokal) SD yg dituju tidak ada, pantau bangku kosong di SD tersebut. Jika ternyata masih banyak tinggalkan seleksi tahap 2 (jika diterima jangan lapor diri) dan daftar pada seleksi tahap 3. Dengan catatan kira-kira umur anak bisa langsung masuk di sekolah tersebut.
6. Bagaimana dengan anak yg 6 tahun kurang? Bisa coba mendaftar ke Sekolah yg menyelenggarakan PPDB Inklusif dengan syarat-syarat yang ada di situs online pendaftaran. Peserta yang mendaftar di PPDB inklusif tidak dapat mendaftar di PPDB online.

Jadi jangan bingung untuk mendaftarkan anak anda di SD Negeri, caranya amat mudah koq hanya mengikuti syarat-syarat dan tata cara pelaksanaan diatas. Tidak perlu lari kesana kemari untuk mendaftar sekolah ataupun membayar calo agar bisa diterima karena semua sudah online dan terpantau. Kalau masih ada yang bingung, cari bantuan ke tetangga atau teman yang bisa internet dan tunjukan artikel ini. Mau diskusi sama saya juga bisa :)

Note : Dikarenakan tahap1 sudah berakhir, saya harap bisa berguna untuk tahap-tahap selanjutnya. Artikel ini akan diperbaharui setiap tahun. Thanks




Tidak ada komentar:

Posting Komentar