Kamis, 09 Juni 2016

SHARE : Pendaftaran SMP Negeri (Online)

Hi, selamat membaca artikel ke 2 (dua) untuk edisi Share. Kali ini saya membahas bagaimana mendaftar atau memasukkan anak ke SMP Negeri melalui seleksi online. Seperti bagian pertama yg membahas bagaimana masuk ke SD Negeri maka di artikel ini yang saya berikan contohnya adalah SMP Negeri di Jakarta karena saya berdomisili di Jakarta. Untuk daerah lain bagaimana? Silahkan baca untuk pengetahuan karena sistem di Jakarta dan daerah hanya berbeda sedikit di bagian persyaratan dan pelaksanaan.

Kita mulai saja yaa.

Alur dan Jadwal pendaftaran SMP

Alur pendaftaran :


Jadwal seleksi :




Tatacara pendaftaran dan pelaksanaan seleksi SMP negeri di Jakarta

Untuk syarat pendaftaran ada di bawah ini :

Jangan lupa siapkan Form asli (SKHUN, Akte Kelahiran & KK) untuk ditunjukkan, fotokopi KTP kedua orang tua (jika diperlukan) dan Map warna-warni yang sesuai dengan persyaratan sekolah tempat mendaftarkan PPDB Online. Biasanya pihak sekolah akan memasang banner besar yang berisi persyaratan dan waktu pelaksanaan di pagar atau dinding sekolah. Juga mereka akan memasang pengumuman detail di papan pengumuman atau mading sekolah jadi tidak akan menyulitkan orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya.

Untuk tata cara pelaksanaannya adalah :



Detail cara pendaftarannya adalah :

Silahkan ke situs pendaftaran resminya di http://jakarta.siap-ppdb.com/

Pada tahun 2016 ini untuk jenjang SMP ini juga dibuka tahap 4 umum, yaitu :



Sudah mengerti alur, jadwal seleksi dan tatacara pendaftarannya? Sudah saatnya membaca tentang sistem seleksinya, yaitu :


Nah, beda dengan pendaftaran SDN yang seleksinya murni menggunakan umur maka untuk jenjang SMP menggunakan nilai US(MBD) atau UN(UNPK) yang 3 mata pelajaran yaitu : Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jadi yang nilai keseluruhan US/UN-nya besar akan menggeser nilai yang kecil, kalau sama? Tergantung dari pilihan sekolahnya apakah pilihan 1, 2 atau 3. Jika sama-sama pilihan 1, Maka akan berlaku perbandingan nilai mana yg lebih besar sesuai dengan urutan mata pelajaran diatas. Kalau ternyata tetap sama bagaimana? Baru dilakukan seleksi menurut umurnya. Jadi jangan heran kalau nilainya sama kenapa urutannya bisa kalah? Karena itu menurut sistem seleksi diatas.

Wah, kalau begitu bagaimana caranya agar anak bisa diterima di SMP pilihan? Ini ada sedikit tips dari Saya.

 Tips n Trick
1. Seharusnya persiapan anak untuk memasuki jenjang SMP dimulai dari awal tahun pelajaran ketika dia kelas 6 SD (sebaiknya malah disiapkan dari kelas 4 SD mengingat nilai rata-rata sekolah akan diambil mulai dari kelas 4 SD). Dimana anak seharusnya sudah mulai fokus di 3 mata pelajaran utama (Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).
2. Intip situs http://smp.ppdbdki.org untuk mengetahui nilai rata-rata Sekolah/SMPN yang dituju agar ada target nilai yang harus dicapai oleh anak. Sebagai contoh, jika ingin masuk ke SMPN 115 maka nilai yg harus dicapai minimal sebesar 266.0 (tahun 2015) melalui tahap 2 jalur lokal. Jika ingin masuk ke SMP lainnya maka angkanya bervariasi dari 255.0 sampai dengan 205.5
3. Bagaimana dengan angka tahun ini? Belum tahu tapi pastinya angka passing grade itu akan terus naik seiring dengan membaiknya kurikulum dari dinas pendidikan.
4. Ingat kuota penerimaan tahap 1 paling tinggi 40% dari bangku yang tersedia dimana 5%-nya diberikan untuk peserta dari luar kota maka biasanya tahap 1 merupakan tahap Best of The Best (peserta dengan nilai terbaik yang lolos).
5. Bagaimana kalau nilainya tidak terbaik? (rata-rata saja). Jika peserta bukan berdomisili di Jakarta sebaiknya pintar/jeli dalam memilih sekolah mana yang dituju. Pilih yang passing gradenya sesuai dengan nilai anak. Karena untuk tahap selanjutnya peserta yg tidak berdomisili di Jakarta tidak dapat mengikutinya. Domisili = KK Jakarta
6. Kalau domisili Jakarta bagaimana? Bertarunglah di tahap 2 jalur lokal (sesuai kecamatan yang tertera pada domisili/paling jauh 5 km dari domisili)  karena kuotanya mencapai 55% dari bangku yang tersedia. Pilihlah sekolah dengan bijak agar sesuai dengan keinginan anak dan orangtuanya.
7. Bagaimana kalau pada tahap 2 ternyata sekolah yang diminati tidak ada dalam pilihan? Lihat jumlah bangku kosong sekolah yang akan dipilih, kemudian ikutlah pada tahap 3 jika yakin bisa masuk. Bijaksanalah sebelum memutuskan karena biasanya tahap 3 ini nilai passing gradenya lebih tinggi daripada tahap 2 karena berlaku umum (semua yg berdomisili di Jakarta bisa ikut memilih).
8. Tidak masuk tahap 3? Masih ada tahap 4 selama bangku kosongnya masih tersedia.
9. Tidak ingin bertarung dengan nilai US/UN? Kunjungi situs http://smp.ppdbdki.org pada bagian PPDB Prestasi disitu ada kuota 5% untuk siswa yang berprestasi di bidang olahraga/sains/seni dan budaya dan agama. Detailnya baca di situs tersebut.
10. Bagaimana untuk anak berkebutuhan khusus? Kunjungi situs http://smp.ppdbdki.org bagian PPDB inklusif, disitu ada daftar sekolah yg menerima, jadwal dan syarat-syaratnya.

Itulah tips dan triknya dari saya, jangan bingung dan ragu untuk mendaftarkan anak-anak ke SMP Negeri. Syaratnya mudah dan hasilnya terpantau secara online jadi bisa di akses dimana saja tanpa harus merepotkan orang tua dan siswa.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, saya usahakan untuk memperbaharuinya setiap tahun agar lebih akurat. Thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar